Senin, 04 Oktober 2010

pengertian isd, tujuan, hubungan dengan ips, dan ruang lingkup isd

Nama : Resti Setianingsih
NPM : 15110771
Kelas : 1 KA 31
Mata kuliah : Ilmu Sosial Dasar



Bab 1
Ilmu Sosial Dasar

A. Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang menelaah ataupun mempelajari
masalah – masalah social yang berada di lingkungan masyarakat dengan perkembangan yang sangat pesat , khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat dengan pengertian yang lebih mudah seperti (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu social. Atau timbal balik antara manusia dengan Lingkungan.
Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin imu, seperti ilmu-ilmu social lainya. Mata kuliah ini mempelajari tentang gejala-gejala social yang dapat meningkatkan mahasiswa agar cepat tanggap dalam menghadapi masalah social.

B. Tujuan

Ilmu social Dasar mempunyai tujuan :
Memahami masalah – masalah social yang ada dalam masyarakat.
Cepat tanggap untuk menanggulangi masalah social
Menyadari masalah social yang bersifat kompleks dan dapat dipelajari secara kritis – interdisipliner
Membantu mengembangkan wawasan pemikiran dan kepribadian yang luas kepada masyarakat Indonesia dan dapat bermusyawarah satu sama lain.
Supaya Warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam masyarakat.
Menurut : “Grenalio Kristian Perdana”

ISD bertujuan membantu kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas, dan cirri-cri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap an tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.

C. Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Sosial Dasar berhubungan dengan ilmu pengetahuan social karna keduanya saling berkaitan dalam kehidupan social masyarakat.
Misalnya :
1. Seperti dalam program pendidikan ataupun pengajaran walaupun sedikit berbeda dalam pendidikan SD , SMP , SMA , universitas. tetapi masih terkait satu ikatan pendidikan dan pembahasan social
2. Keduanya merupakan gabungan suatu kenyataan social dan masalah social hanya saja berbeda dalam ISD membentuk sikap dan kepribadian sedangkan IPS pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual


D. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Dalam menelaah masalah social kita harus mengidentifikasi kenyataan social dan memahami sejumlah konsep social tertentu. Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas 3 golongan :
1. Kenyataan social yang ada dalam masyarakat merupakan salah satu masalah social tertentu. Kenyataan tersebut di tanggapi berbeda oleh para ahli ilmu social karena perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya .
2. Pengertian tentang kenyataan social di batasi pada konsep dasar atau elementer saja sebab untuk mempelajari masalah social yang dibahas dalam ilmu pengetahuan social .
Misalnya konsep “keanekaragaman” dan konsep “kesatuan social” terdapat :
a. Persamaan dan perbadaan pola piker dan tingkah laku
b. Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Perbedaan dan persamaan itulah yang dapat menimbulkan konflik/pertentangan ataupun kontroversi masyarakat , kerjasama, kesetiakawanan antar individu ataupun golongan.
3. Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara satu dengan yang lainya saling berkaitan.

Dalam pembahasannya ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar terdiri dari aspek yang merupakan suatu masalah social yang harus di tanggapi dengan pendekatan sendiri, serta keragaman golongan dan kesatuan social masyarakat; contoh seperti mempelajari masalah kependudukan, mempelajari ilmu pengetahuan dan tekhnologi untuk memanfaatkan kemakmuaran masyarakat dan pengurangan kemiskinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar