DASAR SISTEM
INFORMASI BISNIS
1. Konsep dasar
sistem informasi bisnis
Konsep dasar keprilakuan, teknis, bisnis, dan
manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan peran sistem informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi
dasar yang berasal dari teori sistem umum, atau konsep keunggulan kompetitif
yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan
kompetitif.
1.
Teknologi informasi
Istilah
TI ( Teknologi Informasi ) atau IT ( Information Technology ) yang populer saat
ini adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam
dunia SI ( Sistem Informasi ) atau IS (Information System ). Istilah TI memang
lebih merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan maupun
mengolah informasi, namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah
sistem informasi itu sendiri.
Konsep - konsep utama,
pengembangan, dan berbagai isu manajemen teknologi informasi
yaitu meliputi hardware, software, jaringan, manajemen data, dan banyak teknologi
berbasis internet.
yaitu meliputi hardware, software, jaringan, manajemen data, dan banyak teknologi
berbasis internet.
2.
Aturan dasar SI pada Bisnis
Ada tiga aturan
vital agar sistem informasi untuk perusahaan bisnis, yaitu:
·
Dukungan terhadap proses dan operasi bisnis.
·
Dukungan terhadap pengambilan keputusan oleh pegawai dan manajer.
·
Dukungan strategi untuk keunggulan bersaing
3.
Trend Sistem Informasi
Ø
Trend yang dominan dalam Sistem Informasi
·
Inisiatif dan penanggung jawab tidak lagi dilakukan hanya oleh CIO
(Chief Information Officer) sendiri, tapi juga oleh Executive Board;
·
Perkembangan internet dan intranet menghasilkan world wide connectivity
dan memungkinkan adanya common user interface untuk semua system.
Ø
Perlunya System Integration
·
Perkembangan komputerisasi dalam suatu organisasi yang tidak bersamaan
dan terpisahpisah (scattered);
·
Hambatan teknologi yang dapat diatasi oleh berbagai alat bantu (tools)
yang dapat dijumpai dengan mudah oleh pemakai.
4.
Aturan E-Business pada Bisnis
a.
Komunikasi
Yang dimaksud
dengan komunikasi adalah adanya fasilitas atau media yang memungkinkan
terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan
pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
Media komunikasi yang memadai yang bisa mempertemukan pelaku e-Business menjadi
syarat utama terselenggaranya
b.
Komersial (Perdagangan)
Sisi komersial
yang disyaratkan pada e-Business adalah adanya sistem untuk melakukan
transaksi online
mulai dari promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang.
Pembeli barang memesan barang tidak memerlukan melihat barang secara langsung
tetapi melalui gambar atau spesifikasi yang tercantum dalam website. Sedangkan
untuk pemesanan, sistem shopping online terhubung dengan sistem inventory untuk
mengetahui stock barang sehingga barang yang dibeli memang ada. Untuk
pembayaran, sistem shopping online harus terhubung dengan otoritas pembayaran
misalnya bank atau penyedia kartu kredit agar nilai yang dibayarkan oleh
pembeli berasal dari alat pembayaran yang sah dan memiliki nilai yang cukup
c.
Proses Bisnis
Setiap
pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan
manfaat maksimal mungkin dari e-Business harusmelakukan optimalisasi proses
bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi,
transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi
menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan
secara tradisional.
d.
Layanan
Bagi setiap
institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet
seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis,
dan
lebih terjangkau
e.
Learning
Untuk meningkatkan
awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi
sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat
dan kelebihan dari transaksi online.
f.
Kolaborasi
Satu siklus
transaksi online antara penjual dan pembeli melibatkan stakeholder lain yang
harus berkolaborasi untuk menyelesaikan transaksi tersebut.
g.
Komunitas
Dalam dunia maya
(world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur
aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup
penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi
pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.
Sukses faktor
paling menentukan dalam E-Business adalah kombinasi dari faktor-faktor berikut
:
1.
. Biaya (cost)
E-Business perlu
menjamin terjadinya cost efficiency melalui efisiensi waktu atau volume
penjualan yang lebih besar dengan melakukan optimasi pada proses logistik
langsung dari warehouse ke pembeli.
2.
Komersial (commerce)
Memaksimalkan
keuntungan dilakukan dengan melakukan reengineering seluruh proses bisnis
sehingga selain menurunkan biaya operasional juga meningkatkan kepuasan
pelanggan dan pada akhirnya menaikkan volume penjualan.
3.
Konten (content)
Informasi tentang
produk atau layanan, berita yang selalu up to date, informasi yang berguna
misalnya tip, advice, variasi produk atau layanan pendukung yang dibarengi
dengan kualitas produk dan layanan yang prima sehingga pelanggan merasa
dilayani secara personal merupakan
kunci sukses
utama.
4.
Komunitas (community)
Komunitas
merupakan media tempat pertukaran pengalaman, membentuk interest group sehingga
menjadi sarana yang efektif untuk membentuk opini pelanggan,
membangunpermintaan (generate demand) dan melindungi kepentingan pengguna
maupun pelaku.
5.
Kenyamanan (convenience)
Kenyamanan dalam
melakukan transaksi online merupakan salah satu kunci sukses.
6.
Konektifitas (connectivity)
Ketersediaan
koneksi yang cepat juga merupakan faktor penentu kesuksesan transaksi online.
Respon yang cepat
dan tidak terputus akan membuat pengguna merasakan manfaat yang nyata
dari e-Business.
5.
Tipe Sistem Infomasi
Sumber :
elearning
gunadarma system informasi dunia bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar