Senin, 29 Oktober 2012

Tugas Grafik Komputer dan Pengolahan Citra


OPENGL

Dalam tugas saya kali ini tentang mata kuliah Grafik Komputer dan pengolahan citra yaitu materi OpenGL, pengertian OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992  dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.
Sebelum kita mengunakan OpenGL kita harus menginstal DEV-C++ dan OpenGL terlebih dahulu. Setelah selesai menginstall Dev C++ dan header OpenGL, selanjutnya dalam tugas saya disuruh  Membuat Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal dengan OpenGL cara membuat file baru adalah  :

-          Pilih file lalu new -> project
-          Lalu pilih multimedia , pilih OpenGL

Setelah di buat maka kita mulai pertama dengan membuat garis Horizontal , codingannya seperti di bawah ini :



PENJELASAN PROGRAM DIATAS

  •  glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);   Untuk membersihkan layar latar belakang.
  •   glPointSize(3.0);   untuk Menentukan ukuran titik.
  •   glPushMatrix ();   Maksudnya untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •   glPointSize(3.0);   Untuk menentukan ukuran titik yang akan di tampilkan di output nanti.
  •   glBegin(GL_POINTS);   Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
  •   glVertex3f(0.0,0.0);   Untuk menentukan titik awal yang digunakan untuk membuat titik horizontal
  •   glVertex3f(-0.1,0.0);   Untuk menentukan titik akhir yang digunakan untuk membuat titik horizontal.
  •    glEnd ();  Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
  •    glPopMatrix ();  Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •     SwapBuffers (hDC); Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.  
 Outputnya :


 Setelah itu membuat Garis Vertikal, di bawah ini merupakan kodingannya :



PENJELASAN PROGRAM DIATAS
  •  glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);   Untuk membersihkan layar latar belakang.
  •   glPointSize(3.0);   untuk Menentukan ukuran titik.
  • glColor3f(0,1,0); untuk membuat warna hijau 
  •   glPushMatrix ();   Maksudnya untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •   glPointSize(3.0);   Untuk menentukan ukuran titik yang akan di tampilkan di output nanti.
  •   glBegin(GL_POINTS);   Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
  •   glVertex3f(0.0,0.0);   Untuk menentukan titik awal yang digunakan untuk membuat titik vertikal
  •   glVertex3f(0.0,0.1);   Untuk menentukan titik akhir yang digunakan untuk membuat titik vertikal.
  •    glEnd ();  Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
  •    glPopMatrix ();  Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •     SwapBuffers (hDC); Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar. 
 Outputnya :


  Setelah itu membuat Garis Diagonal, di bawah ini merupakan kodingannya :




PENJELASAN PROGRAM DIATAS
  •  glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);   Untuk membersihkan layar latar belakang.
  •   glPointSize(3.0);   untuk Menentukan ukuran titik.
  • glColor3f(0,1,0); untuk membuat warna hijau 
  •   glPushMatrix ();   Maksudnya untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •   glPointSize(3.0);   Untuk menentukan ukuran titik yang akan di tampilkan di output nanti.
  •   glBegin(GL_POINTS);   Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
  •   glVertex3f(0.0,0.0);   Untuk menentukan titik awal yang digunakan untuk membuat titik diagonal
  •   glVertex3f(-1.0,-0.1);   Untuk menentukan titik akhir yang digunakan untuk membuat titik diagonal.
  •    glEnd ();  Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
  •    glPopMatrix ();  Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •     SwapBuffers (hDC); Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.  
 Outputnya :



2 komentar:

  1. terima kasih sudah berkunjung di blog saya .. dan terimakasih sudah memberi ilmu dari ink yang kamu kasih yaa :) salam kenal

    BalasHapus
  2. Thankyou, info.nya menarik :)

    BalasHapus