Nama : Resti setianingsih
Npm : 15110771
Kelas : 2ka32
Tugas 1 teori organisasi umum
1.
Pengertian
Manajemen dan Organisasi
a.
Pengertian
Manajemen (Definition of Management)
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno
ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum
memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata manajemen
mungkin berasal dari Bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti
“mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa
latin manus yang berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh
dari bahasa Perancis manègeyang berarti “kepemilikan kuda” (yang
berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana
istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa
Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni
melaksanakan dan mengatur.
Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai
seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa
seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai
tujuan organisasi.
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah
proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber
daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif
berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien
berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan
sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia
hingga saat ini belum ada keseragaman.
Menurut James A.F. Stoner, manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan
penggunaan organisasi yang telah di tentukan.
Dari berbagai pengertian di atas, dapat di rumuskan bahwa manajemen
adalah proses perencanaan,pengorganisasian,
kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses pengguna
sumber daya organisasi lainnya untuk tercapainya tujuan organisasi yang telah
di tetapkan.
Perkembangan perusahaan menuntut adanya pemanfaatan biaya secara
efektif dan efisien. Selain itu, di perlukan pula pengelolaan perusahaan yang
lebih profesional. Pelopor-pelopor manajemen pada saat itu adalah Frederick
Taylor, James Watt Jr, Robert Owen, Mathew Boulton, Charless Babbage, dan Henry
Fayol. James Watt Jr dan Mathew Boulton banyak mengembangkan teknik manajemen
tentang pasar, pengaturan tata letak mesin, dan manajemen personalia.
b.
Pengertian Organisasi
1.
Organisasi Menurut
Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut
James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut
Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Organisasi adalah
sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu
kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
· Organisasi adalah perserikatan untuk mencapai tujuan.
-
Organisasi
dalam arti badan adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai
tujuan tertentu.
·
Organisasi dalam arti
bagan adalah gambaran skematis tentang hubungan kerja sama antara orang-orang
yang terdapat dalam suatu badan untuk mencapai tujuan .
·
Organisasi dalam arti
dinamis adalah proses penetapan dan pembagian pekerjaan,pembatasan tugas dan
tanggung jawab, serta penetapan hubungan antara unsur-unsur organisasi,
sehingga dapat bekerja dengan efektif untuk mencapai tujuan .
Organisasi
terdapat tiga faktor atau unsur penting yaitu :
·
adanya sekelompok orang
·
adanya hubungan dan
pembagian kerja diantara mereka
·
adanya tujuan yang ingin
dicapai
2.
Fungsi
– fungsi manajeman menurut para ahli
a.
Menurut Henry Foyal
Henry Fayol, menyatakan
bahwa manajer melakukan lima fungsi-fungsi manajemen yang utama. Pertama, majer
merencanakan (Planning) apa yang akan mereka lakukan. Kemudian
mengorganisasikan (Organize) untuk mencapai rencana tersebut. Selanjutnya
mereka menyusun staff (Staffing) organisasi mereka dengan sumber daya yang
diperlukan. Dengan sumber daya yang ada, mereka mengarahkan (directing) untuk
melaksanakan rencana. Akhirnya mereka
mengendalikan (controlling) sumber daya, menjaganya agar tetap beroperasional
secara optimal.
a.
Ernest Dale
Menurut ernest fungsi manager
mempunyai 7 fungsi namun 2 fungsinya berbeda dengan yang lain yaitu innovation
dan requesting
Fungsi manager menurut ernest:
- planning
- organizing
- staffing
- directing
- inovation(inovasi) : jadi fungsi manajer tak hanya sebagai mengatur/memerintah namun ia berperan juga sebagai pembaruan yang inovatif agar perusahaan dan organisasinya terus exsis
- requesting(meminta) : fungsi request ini tak berbeda dengan penjelaasan commanding
- controlling
Fungsi manager menurut ernest:
- planning
- organizing
- staffing
- directing
- inovation(inovasi) : jadi fungsi manajer tak hanya sebagai mengatur/memerintah namun ia berperan juga sebagai pembaruan yang inovatif agar perusahaan dan organisasinya terus exsis
- requesting(meminta) : fungsi request ini tak berbeda dengan penjelaasan commanding
- controlling
b.
George Terry
manajemen organisasi terdiri dari:
- perencanaan(planning) : yaitu rencana setiap menajer tentu memiliki rencana untuk memajukan misi.visi perusahaannya agar terus berkembang dan maju dalam persaingan terhadap perusahaan yang lain
- pengorganisasian(organizing) : dan fungsi organisasi untuk mewujudkan agar planning dalam organisasi dan manajemen dapat terlaksana oleh karena itu dibutuhkan organisasi untuk menjalankan rencana
- actuating: yang dimaksud dengan actuating adalah menepatkan sefgala sesuatu sesuai prosedurnya
- pengawasan(controling): dan menurut George r.terry agar organisasi terus berjalan dengan baik maka dibutuhkan pengawasan dari manajer/orag yang mengatur organisasi tersebut.
- perencanaan(planning) : yaitu rencana setiap menajer tentu memiliki rencana untuk memajukan misi.visi perusahaannya agar terus berkembang dan maju dalam persaingan terhadap perusahaan yang lain
- pengorganisasian(organizing) : dan fungsi organisasi untuk mewujudkan agar planning dalam organisasi dan manajemen dapat terlaksana oleh karena itu dibutuhkan organisasi untuk menjalankan rencana
- actuating: yang dimaksud dengan actuating adalah menepatkan sefgala sesuatu sesuai prosedurnya
- pengawasan(controling): dan menurut George r.terry agar organisasi terus berjalan dengan baik maka dibutuhkan pengawasan dari manajer/orag yang mengatur organisasi tersebut.
c.
Luther Gillier
menurut luther dia mempunyai
perbedaan dari George diantaranya
adalah”staffing,directing,coordinating,reporting,budgeting dan luther tidak
menerapkan actuating dan menurut lauther manajemen terdiri dari :
- perencanaan(planning)
- mengorganisir(organizing)
- melengkapi tenaga kerja(staffing):jadi fungsi staffing hanya untuk membantu manajer melakukan dan menjalankan roda organisasi atau perusahaan.
- mengarahkan(directing):dan fungsi manajer adalah untuk mengarahkan bawahannya agar mereka dapat bertanggung jawab atas kewajibannya dan tidak salah langkah menfgambil keputusan dalam pekerjaan.
- menyelarasan/kordinasi(coordinating):dan fungsi manajer juga dapat dikatakan sebagai kordinasi antara atasan atau bawahan,atau sesame karyawan ketika terjadi konflik didalam organisasi tersebut/perusahaan.fungsi ini tidak begitu berbeda dengan directing.
- melaporkan(reporting):fungsi manajer juga dapat menjadi melaporkan kepda atasan.apakah manajemen yang terdapat dalam organisasi atau perusahaan telah berfungsi dengan baik.dan laporan ini biasanya dijadikan acuan untuk evaluasi
- menyusun anggaran(budgeting):dalam perusahan tentu membutuhkan anggaran.oleh karena itu manajer dapat menjadi penyuluhan anggaran dalam perusahaan untuk menghindari kerugian dalam perusahaan.atau menjadi solusi yang terbaik
- perencanaan(planning)
- mengorganisir(organizing)
- melengkapi tenaga kerja(staffing):jadi fungsi staffing hanya untuk membantu manajer melakukan dan menjalankan roda organisasi atau perusahaan.
- mengarahkan(directing):dan fungsi manajer adalah untuk mengarahkan bawahannya agar mereka dapat bertanggung jawab atas kewajibannya dan tidak salah langkah menfgambil keputusan dalam pekerjaan.
- menyelarasan/kordinasi(coordinating):dan fungsi manajer juga dapat dikatakan sebagai kordinasi antara atasan atau bawahan,atau sesame karyawan ketika terjadi konflik didalam organisasi tersebut/perusahaan.fungsi ini tidak begitu berbeda dengan directing.
- melaporkan(reporting):fungsi manajer juga dapat menjadi melaporkan kepda atasan.apakah manajemen yang terdapat dalam organisasi atau perusahaan telah berfungsi dengan baik.dan laporan ini biasanya dijadikan acuan untuk evaluasi
- menyusun anggaran(budgeting):dalam perusahan tentu membutuhkan anggaran.oleh karena itu manajer dapat menjadi penyuluhan anggaran dalam perusahaan untuk menghindari kerugian dalam perusahaan.atau menjadi solusi yang terbaik
1.
Gambaran bentuk bentuk bagan
organisasi
1. Bentuk piramid. Bentuk ini yang paling banyak digunakan, karena sederhana, jelas dan mudah dimengerti.
2. Bentuk vertikal. Bentuk
vertikal agak menyerupai bentuk piramid yaitu dalam hal pelimpahan kekuasaan
dari atas ke bawah, hanya bagan vertikal berwujud tegak sepenuhnya.
3. Bentuk horizontal Bagan
ini digambarkan secara mendatar. Aliran wewenang dan tanggung jawab digambarkan
dari kiri ke kanan.
4. Bentuk lingkaran. Bagan ini menekankan pada hubungan antara satu jabatan
dengan jabatan lain. Bagan bentuk lingkaran jarang sekali digunakan dalam
praktek.
Daftar
pustaka :
4. d_ikasari.staff.gunadarma.ac.id/
7. Manajemen
da implemntasi dalam organisasi
Oleh : Drs.
H. Hafidi, ZA , MM dosen STIE bina banga banten
Tidak ada komentar:
Posting Komentar